(Menghidupkan Sunnah Rasulullah Saw)

Ibn Hajr Al-Atsqalaniy membagi sunnah menjadi :

Al-Sunnah (السنة), adalah apa yang bersumber/disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik berupa ucapan, perbuatan, ataupun persetujuan beliau.
Al-Gharizah( الغريزة ) adalah insting/naluri segala kebutuhan makhluk hidup yang bersifat primer
Al-Jibillah (الجبلّة) adalah adat/budaya, kebudayaan dimana seseorang tinggal, Indonesia jelas budayanya berbeda dengan budaya arab.
Wajh Al-Qurbah (وجه القربة) adalah sesuatu yang dikhususkan untuk rasulullah, ada kalanya haram bagi kita namun bagi Rasulullah SAW halal, ataupun sebaliknya.
Al-Tho’ah (الطّاعة ) adalah al-Diin / Agama, segala sesuatu yang mesti kita patuhi baik melaksanakan ataupun meninggalkan suatu pekerjaan.

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ, وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ خَاشِعَة, عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ, تَصْلَى نَارًا حَامِيَةً, تُسْقَى مِنْ عَيْنٍ آَنِيَةٍ (الغاشية :1-5)
Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?, Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, bekerja keras lagi kepayahan, memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas. ( al-Ghaasyiyyah 1-5)
قَالَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ : قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : …مَنْ أَحْيَا سُنَّتِي فَقَدْ أَحَبَّنِي وَمَنْ أَحَبَّنِي كَانَ مَعِي فِي الْجَنَّةِ. رواه الترمذي
Anas berkata : rasulullah SAW bersabda : … barang siapa yang menghidupkan sunnah-ku sungguh ia telah mencintaiku, dan kelak ia akan bersamaku di syurga. (H.R. at-Tirmidziy :2602)